Tuesday 4 August 2015

Mengenal Vitamin A

Vitamin A

Vitamin A juga dikenal sebagai retinol dan memiliki beberapa fungsi penting, ini termasuk:

  - membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja sebagaimana mestinya terhadap infeksi
  - membantu penglihatan dalam cahaya redup
  - menjaga kulit dan lapisan dari beberapa bagian tubuh, seperti hidung.


Sumber yang baik dari vitamin A

Sumber yang baik dari vitamin A antara lain"

    keju
    telur
    ikan yang berminyak
    dibentengi spread yang rendah lemak
    susu dan yoghurt

Hati adalah sumber yang sangat kaya vitamin A, meskipun ini berarti Anda mungkin berisiko memiliki terlalu banyak vitamin A jika Anda makan hati lebih dari sekali seminggu.

Anda juga dapat berkontribusi untuk asupan vitamin A dengan memasukkan sumber yang baik dari beta-karoten dalam diet Anda, karena hal ini dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Sumber makanan utama beta-karoten adalah:

    sayuran berdaun kuning, merah dan hijau, seperti bayam, wortel, ubi jalar dan paprika merah
    buah kuning seperti mangga, pepaya dan aprikot


Jumlah vitamin A orang dewasa butuhkan adalah

    0.7mg per hari untuk laki-laki
    0.6mg per hari untuk wanita

Anda harus bisa mendapatkan semua vitamin A yang Anda butuhkan dari diet harian Anda.

Setiap vitamin A tubuh Anda tidak perlu langsung disimpan untuk penggunaan masa depan. Ini berarti Anda tidak perlu setiap hari.

Menurut beberapa penelitian, memiliki lebih dari rata-rata 1.5mg hari vitamin A selama bertahun-tahun dapat mempengaruhi tulang Anda, membuat tulang lebih mungkin untuk patah ketika Anda lebih tua.

Hal ini sangat penting bagi orang tua, terutama perempuan, yang sudah berisiko osteoporosis. Di sinilah kepadatan tulang Anda berkurang dan Anda memiliki risiko lebih tinggi dari patah tulang.

Jika Anda makan hati lebih dari sekali seminggu, Anda mungkin mendapatkan terlalu banyak vitamin A.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin D, Anda bisa lebih berisiko efek berbahaya dari terlalu banyak vitamin A. Orang yang mungkin sangat beresiko tidak memiliki cukup vitamin D antara lain:

  - semua wanita hamil dan menyusui
  - semua orang berusia 65 dan lebih
  - orang-orang yang tidak terkena banyak sinar matahari - misalnya, mereka yang menutupi kulit mereka untuk alasan budaya, atau mereka yang tinggal di rumah atau di dalam ruangan terbatas untuk waktu yang lama
  - orang dengan kulit lebih gelap - seperti orang Afrika-Karibia dan Asia Selatan asal

Banyak multivitamin mengandung vitamin A. Suplemen lain, seperti minyak hati ikan, juga tinggi vitamin A. Jika Anda mengambil suplemen yang mengandung vitamin A, pastikan asupan harian vitamin A dari makanan dan suplemen tidak melebihi 1.5mg. Jika Anda makan hati setiap minggu, berarti tidqak lagi mengambil suplemen yang mengandung vitamin A.


Jika Anda sedang hamil

Memiliki sejumlah besar vitamin A dapat membahayakan bayi yang belum lahir. Oleh karena itu, jika Anda sedang hamil atau berpikir tentang memiliki bayi, tidak makan hati atau produk hati, seperti pate, karena ini sangat tinggi vitamin A.

Juga, jangan mengambil suplemen yang mengandung vitamin A. Tanyakan dokter atau bidan jika Anda ingin informasi lebih lanjut.

Anda harus bisa mendapatkan semua vitamin A yang Anda butuhkan dengan makan makanan yang bervariasi dan seimbang. Jika Anda mengambil suplemen yang mengandung vitamin A, jangan mengambil terlalu banyak, karena ini bisa berbahaya.

Hati adalah sumber yang sangat kaya vitamin A. Jangan makan hati atau produk liver, seperti pate, lebih dari sekali seminggu. Anda juga harus menyadari berapa banyak vitamin A yang ada dalam suplemen yang Anda ambil.

Jika Anda sedang hamil atau ingin memiliki bayi:

  - tidak mengambil suplemen yang mengandung vitamin A, termasuk minyak hati ikan, kecuali disarankan oleh dokter
  - tidak makan hati atau liver produk, seperti pate, karena ini adalah sangat tinggi vitamin A

Wanita yang telah melalui menopause dan laki-laki yang lebih tua, lebih berisiko osteoporosis, harus menghindari memiliki lebih dari 1.5mg vitamin A sehari dari makanan dan suplemen. Ini berarti:

  - tidak makan hati atau produk liver, seperti pate, lebih dari sekali seminggu, atau memiliki porsi yang lebih kecil
  - mengambil tidak lebih dari 1.5mg vitamin A sehari dalam suplemen (termasuk minyak hati ikan) jika Anda tidak makan hati atau liver produk
  - tidak mengambil suplemen yang mengandung vitamin A (termasuk minyak hati ikan) jika Anda makan hati sekali seminggu

Memiliki rata-rata 1.5mg hari atau kurang vitamin A dari makanan dan suplemen gabungan tidak menyebabkan kerusakan apapun.

No comments:

Post a Comment